Assalamu'alaikum

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Wednesday, June 26, 2013

keutamaan ber-shalawat 100 x sehari




Ber-SHALAWAT 100x Sehari

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammad, wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad. (100x)

"Sesungguhnya, Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" (Al-Ahzab [33]: 56)

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak).” [HR. An-Nasa'i 1297, Ahmad 3/102, dan 261, Ibnu Hibban 904, dan Al-Hakim 2018]

Hadist Rasulullah SAW:
"Barangsiapa bershalawat kepadaku maka para Malaikat akan bershalawat (memohonkan ampun) untuknya selama dia membacanya. Maka bacalah olehmu sedikit atau sebanyak mungkin.(Syarah Ratib Al Haddad)

"Barang siapa yang bershalawat untukku dari ummatku, maka dicatat baginya sepuluh kebaikan dan dihapus darinya sepuluh (keburukan/dosanya)". (HR. Ibnu Hibban)

Dari Ibni Mas'ud bahwa Rasulullah Saw. bersabda: "Orang yang terdekat denganku pada hari kiamat, ialah yang terbanyak bershalawat kepadaku". (HR. Tirmidzi, hadist hasan)

Sayyidina Abu Bakar Ash-Shidiq Rodliyallohu 'Anhu berkata : Membaca sholawat kepada Nabi itu bisa memusnahkan beberapa dosa dan kesalahan dari pada air memadamkan api. Dan membaca salam kepada Nabi itu lebih afdlol dari pada memerdekakan budak, dan cinta kepada Nabi itu lebih afdlol dari pada menumpahkan darah dari tubuh atau memukul dengan pedang di jalan Allah (perang). (Riwayat. Annamiri dan Basykuwal)

Barang siapa yang membaca shalawat padaku satu kali maka dibalas oleh Allah sepuluh shalawat (Rahmat). Barang siapa yang membaca shalawat padaku sepuluh kali maka dibalas oleh Allah dengan seratus shalawat. Dan barang siapa yang membaca shalawat padaku seratus kali maka Allah menulis diantara dua matanya dengan tulisan "bebas dari kemunafikan dan bebas dari api neraka". Dan kelak di hari kiamat dimasukkan ke surga bersama orang-orang yang mati syahid. (Hadits Riwayat Thabrani)

Banyak membaca shalawat adalah penyebab yang kuat untuk terang hati dan menambahkan daya ingatan.

Abu Hurairah r.a berkata, “Siapa takutkan kelupaan dirinya, maka hendaklah dia memperbanyakkan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.”

Rasullullah Saw. sendiri pun pernah bersabda, “Shalawat kepadaku itu adalah nur di dalam hati, nur di dalam kubur dan nur di Titian As-Sirat.”


PERBANYAK SHALAWAT di HARI JUM'AT
Dari Abu Umamah, Rasulullah Saw bersabda, “ Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti .” (HR. Baihaqi).


BER-SHALAWAT SEBELUM & SESUDAH BER-DO'A
Agar Doa Dikabulkan, Bacalah Shalawat Ketika Berdo'a. Inilah manfaatnya:
1. Shalawat menjadi penyebab doa dikabulkan
2. Shalawat yang didahulukan dalam doa seseorang akan menjadi perantara doa tersebut sampai kepada Allah SWT
3. Apabila shalawat tidak diucapkan ketika berdoa maka doa tersebut akan menggantung antara langit dan bumi
4. Shalawat menjadi penyebab kesuksesan sebuah doa, baik disebutkan di awal maupun di akhir doa
5. Shalawat menjadi penyebab doa seoranghamba diberkahi oleh Allah SWT.

Allahumma sholli wasallim 'ala sayyidina Muhammad..

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bershalawat atas Nabi kita Muhammad SAW sehingga kelak akan mendapat syafaat dari Nabi.





baca juga makna shalawat di http//:islamterbutibenar.net

No comments:

Post a Comment